Berita

    Bukan Cuma Pemanis, Ini Fungsi Spoiler yang Sebenarnya

    Jika Anda mengira bahwa spoiler hanya aksesoris biasa pada eksterior kendaraan, percayalah bahwa pemahaman tersebut adalah salah.

    Fungsi spoiler sejatinya memiliki fungsi yang penting karena dapat meningkatkan performa dan kestabilan dalam berkendara. Hal ini karena spoiler dapat meningkatkan aerodinamika mobil khususnya pada kecepatan tinggi.

    Pentingnya fungsi spoiler tersebut pun ditunjukkan dengan banyaknya model mobil yang telah menggunakannya. Bahkan pada dunia balap, spoiler merupakan salah satu aksesoris mobil yang selalu ada pada mobil. Tentu tujuannya adalah untuk membuat aerodinamika mobil membaik dan membuat mobil menjadi lebih cepat dan mudah dikendalikan.

    Sejatinya spoiler hanya ada dua yaitu rear spoiler dan dan front spoiler. Keduanya memiliki bentuk berbeda dengan fungsinya masing-masing.

    • Spoiler Belakang

    Spoiler belakang diletakkan di buritan atau belakang seperti bagasi atau mobil tanpa bagasi seperti hatchback, MPV, dan SUV di atas kaca belakang. Beberapa orang menyebut spoiler belakang dengan sebutan spoiler atap (roof spoiler).

    Bentuk spoiler belakang menyerupai wing (sayap), hanya saja spoiler itu berbentuk lebih landai dan kecil yang langsung menempel pada bodi. Penggunaan spoiler belakang berfungsi untuk menahan gaya lift-up atau gaya dorong ke atas di bagian belakang yang timbul pada kecepatan tinggi.

    • Spoiler Depan

    Spoiler belakang harus diimbangi dengan spoiler depan agar saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi akan terjadi keseimbangan yang tepat. Spoiler depan umumnya berada di bagian bawah bumper depan untuk lebih mendekatkan jarak bodi ke tanah.

    Alhasil dapat memperkecil aliran udara dari bawah sehingga pada kecepatan tinggi mengurangi potensi limbung akibat mobil sedikit terangkat. Apabila pemasangan hanya satu bagian saja, maka akan tetap berisiko mobil menjadi tidak stabil pada kecepatan tinggi.

    Berikut ini fungsi dari Spoiler pada Mobil. 

    1. Membuat hemat bahan bakar

    Dengan aerodinamika dan kestabilan berkendara yang lebih baik, konsumsi bahan bakar pun menjadi semakin baik. Ini tentunya adalah sesuatu yang tidak bisa dirasakan secara instan namun tetap menguntungkan bagi pemilik kendaraan.

            2. Bisa untuk menangkis kotoran dari belakang

    Tak hanya untuk meningkatkan performa dan keamanan, fungsi spoiler mobil pun bisa dipakai untuk menangkis kotoran atau partikel debu dari belakang. Khususnya pada mobil jenis hatchback. Tipe kendaraan ini sering mengalami turbulensi udara di area belakang. Turbulensi juga mengakibatkan banyaknya debu yang berputar di sekitar.  Namun, dengan adanya spoiler, turbulensi dapat dikurangi dan lebih sedikit kotoran pada kaca belakang.

    Jangan Asal Pilih Spoiler Aftermarket

    Karena spoiler bisa membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, maka tidak heran bila banyak toko aksesoris yang menjualnya. Namun spoiler tersebut belum tentu memberikan keuntungan tambahan selain tampilan. Bahkan bisa jadi malah membuat aerodinamika mobil menjadi bermasalah.

    Pasalnya, aerodinamika sendiri sudah didesain sedemikian rupa agar bisa memaksimalkan performa mobil dan bukan hanya tampilan saja. Tak hanya itu, pemasangan yang tidak baik juga berpotensi spoiler terlepas dari mobil dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Hal ini tentunya sangat tidak diharapkan terjadi.

    Untuk itu, di outlet resmi suzuki wilayah  Lampung pun sudah menyiapkan beberapa aksesoris menarik, termasuk spoiler untuk beberapa model kendaraannya. Dengan mengunjungi website di https://suzukilampung.co.id/ pada laman sparepart anda bisa melakukan konsultasi pembelian spoiler untuk mobil Suzuki kesayangan anda.

    Tak hanya itu, pemasangan seluruh aksesoris pun akan dilakukan oleh teknisi terlatih lengkap dengan perlengkapan yang sesuai. Tentunya itu akan menjadikan pemasangan aksesoris termasuk spoiler menjadi jauh lebih aman.