Berita

    Lampu Indikator Mobil Terus Menyala, Mengapa

    Ketika kamu melihat lampu indikator mobil tidak berhenti berkedip, dalam benak mungkin bertanya-tanya, apa yang salah dengan mobil ini. Apa ada kerusakan di salah satu mesinnya? Ketakutan dan kecemasan akan muncul bersamaan.  

    Namun, apa arti sebenarnya dari lampu indikator mobil menyala terus-menerus itu? 

    Tujuan dari lampu indikator adalah untuk menunjukkan masalah yang terdeteksi pada mobil dan memperingatkan pengemudi tentang masalah tersebut. Jadi, ketika lampu ini menyala, kamu tidak boleh mengabaikannya dan harus segera melakukan pengecekan untuk mencari tahu penyebabnya. 

    Lampu Indikator dapat menandakan tiga jenis masalah yang berbeda. Berkedip sesekali menunjukkan kerusakan mesin sementara. Dalam hal ini, ada baiknya untuk mewaspadai kemungkinan masalah yang akan datang yang nantinya dapat berubah menjadi masalah yang lebih serius.

    Namun, ketika lampu indikator mobil terus menyala, biasanya itu menunjukkan masalah serius dan membutuhkan tindakan yang harus segera diambil. Terkadang, masalah yang terjadi pada kendaraan tidak terlalu serius. Hanya saja permasalahan itu dapat mempengaruhi emisi kendaraan, misalnya.

    Terakhir, lampu indikator bisa saja menyala sepanjang waktu. Jika itu terjadi, tandanya mesin sudah salah tembak dan kamu harus segera menghentikan mesin untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah. Misalnya, dapat menyebabkan catalytic converter menjadi terlalu panas dan bahkan mengakibatkan kebakaran. 

    Fungsi dari Lampu Indikator pada Mobil

    Lampu indikator mobil memiliki warna masing-masing. Tiap warna mempunyai fungsi yang berbeda, yaitu: 

            1. Warna merah

    Merah artinya bahaya. Bisa juga diartikan ketika warna ini menyala, artinya sistem tengah memberikan peringatan kepada pemilik kendaraan jika ada bahaya di dalam mesin. 

            2. Warna kuning

    Kuning lebih sering diartikan sebagai bentuk kehati-hatian. Warna ini bisa memberikan informasi tentang nilai batas tertentu atau peringatan. Misal, tekanan oli sudah mencapai ambang batasnya sehingga harus diwaspadai. 

            3. Warna hijau 

    Hijau juga bisa berarti damai. Artinya, ketika lampu ini menyala, mesin dalam kondisi normal dan baik-baik saja. Sehingga kamu tidak perlu khawatir. 

    Selain memahami warna-warna yang muncul pada lampu indikator, kamu pun perlu tahu apa saja jenisnya.