Berita

    Simak Pengertian Horse Power & Torsi

    Perbedaan Tenaga dan Torsi

    Saat ingin membeli mobil mungkin Anda sering menerima brosur yang menjelaskan tentang horse power dan torsi. Meskipun saling terkait, keduanya ternyata memiliki perbedaan.

    Torsi adalah tekanan yang dihasilkan oleh perputaran mesin. Sementara untuk satuan torsi adalah Newton. Dan satuan horse power sendiri adalah HP. Sedangkan HP ini lebih sering disebut dengan tenaga atau power. 

    Setiap kendaraan mempunyai kebutuhan torsi dan tenaga yang berbeda-beda. Untuk mobil yang memiliki banyak penumpang membutuhkan torsi yang lebih besar. Sedangkan untuk jenis mobil balap membutuhkan tenaga yang lebih besar untuk menunjang kecepatan mobil.

    Mengenal Istilah Horse Power

    Istilah horse power adalah kekuatan tenaga mesin yang berputar sehingga mempengaruhi kecepatan mobil.. Tenaga mobil ini layaknya tenaga kuda. Pasalnya 1 HP sebanding dengan 746 Watt. Sehingga 1 HP  mempunyai daya besar sebagai suplai energi mobil.

    Dulunya tenaga ini digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui daya pada mesin uap berdasarkan daya kuda. Dan saat ini hitungan satu tarikan kuda sama dengan 746 watt.

    Mengenal Istilah Torsi

    Sementara torsi adalah energi yang dihasilkan oleh tenaga kuda. Sehingga torsi ini berfungsi untuk mendorong benda agar bisa bergerak. Sehingga kecepatan gerakan sangat dipengaruhi oleh torsi.

    Fungsi Tenaga dan Torsi

    Fungsi torsi adalah sebagai daya yang dibutuhkan oleh kendaraan untuk menopang beban berat. Sehingga torsi ini sangat penting terutama untuk kendaraan besar seperti truk, tronton, bus, pick up barang, dan lainnya.

    Sementara fungsi tenaga adalah untuk mendorong kendaraan agar bisa akselerasinya cepat meskipun sedang menopang berat yang cukup besar. Sehingga bisa disimpulkan bahwa torsi adalah hasil tenaga kuda yang dikumpulkan oleh HP.

    Tips Meningkatkan Horse Power dan Torsi

    Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar kecepatan laju kendaraan Anda semakin meningkat.

    • Perbarui Knalpot

    Tips pertama adalah memperbarui model knalpot. Sebab knalpot ini merupakan tempat pembuangan gas pada kendaraan. Dengan memodifikasi knalpot tenaga yang dihasilkan pun cukup besar.

    Terdapat berbagai macam jenis knalpot yang berkualitas. Salah satunya adalah free flow. Dengan knalpot tersebut bisa menambah daya tenaga hingga 10 HP. Sangat besar kan?

    • Gunakan Saringan yang Tepat