Berita

    Alasan Di Balik Tapak Ban Mobil Habis

    Hampir semua pengemudi kendaraan roda empat pasti sering mengalami kejadian tapak ban mobil mulai habis. Baik secara tiba-tiba terjadi di tengah malam hari atau kondisi cuaca yang buruk, tetapi keadaan ketika ban kempes begitu mengganggu. Bahkan dapat berbahaya lantaran bisa mengakibatkan kecelakaan. 

    Berikut ini penyebab paling umum dari tapak ban mobil sudah habis

    • Tertusuk benda tajam

    Penyebab paling umum dan sering terjadi dari ban kempes adalah tertusuk benda tajam secara tidak sengaja di jalan, seperti kaca atau paku. Untuk itu, berhati-hatilah sewaktu berkendara. Sebisa mungkin hindari jalanan yang sekiranya berpotensi terdapat paku atau benda tajam lainnya. 

    • Kondisi jalanan yang buruk

    Tidak ada pengemudi yang menyukai jalanan berlubang atau jalan yang tidak rata. Sebab hal itu dapat merusak kondisi ban dengan mudah. Sederhananya, semakin buruk kondisi jalan, semakin besar peluang ban Anda mengalami kempes.

    • Keausan

    Ban memiliki umur pakai, sehingga bisa saja mengalami keausan. Inilah yang menjadi penyebab lain tapak ban mobil habis lantaran sering dipakai dan sudah mencapai usia pakainya. 

    • Kerusakan pada batang katup

    Masalah yang terjadi pada batang katup sudah menjadi penyebab umum ban kehabisan udara. Batang katup adalah tonjolan kecil dari ban yang sering Anda buka saat melakukan pengisian udara di dalamnya. 

    Batang katup yang rusak atau terkorosi bisa menjadi penyebab udara bocor keluar dari ban, sehingga membuatnya kempes. Batang longgar ataupun tersumbat kotoran juga dapat menjadi penyebab ban kehilangan udara lebih cepat dari seharusnya.

    • Ban tergores atau robek

    Tapak ban mobil yang aus ataupun sobek bisa menimbulkan situasi berbahaya bagi Anda dan juga pengemudi lain di jalan. 

    Untuk itu, selalu pastikan memeriksa kondisi ban dan memastikannya jauh dari kerusakan sebelum berkendara. Periksa apakah ban mengalami robek, tergores sesuatu atau ada bagian yang sudah mulai aus sehingga ban terlihat tidak rata di salah satu sisi. 

    • Pengisian angin yang tidak tepat

    Untuk perjalanan yang aman, penting bagi kendaraan agar memiliki tingkat tekanan ban yang benar. Jika ban kendaraan tidak dipompa dengan tepat, dapat mengakibatkan kerusakan internal yang berpotensi menyebabkan cedera serius di jalan.

    • Kebocoran yang terjadi pada manik ban