Berita

    Bahaya Parkir Mobil Sembarangan

    Salah satu kebiasan buruk yang sering dilakukan oleh pengemudi adalah parkir mobil sembarangan. Kebiasaan ini perlu dihilangkan karena ada berbagai bahaya parkir mobil sembarangan yang bisa merugikan diri sendiri atau orang lain.

    Berbagai bahaya ini perlu Anda ketahui sebagai pemilik atau pengendara mobil. Ikuti ulasan selengkapnya di bawah ini untuk mengetahuinya!

    Berbagai Bahaya Parkir Mobil Sembarangan

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada beragam bahaya jika Anda memarkirkan mobil sembarangan. Berikut di antaranya:

    • Baret atau Rusak

    Salah satu bahaya yang paling sering dialami oleh para pemilik mobil adalah baret. Biasanya, hal ini terjadi jika mobil diparkir di pinggir jalan yang sempit seperti perkampungan, lalu ada kendaraan lain yang berusaha lewat namun tidak muat.

    Tak hanya menyebabkan baret saja, hal ini juga bisa membuat mobil rusak. Misalnya adalah terlepasnya kaca spion karena tersenggol. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda perlu memperbaiki mobil. Tentu hal ini akan membutuhkan biaya.

    • Kemacetan

    Bahaya lain jika Anda memarkirkan mobil sembarangan adalah timbulnya kemacetan. Hal ini tak hanya terjadi di jalan sempit seperti perkampungan saja, namun juga di jalan besar. Terlebih lagi jika jalan tersebut merupakan jalan utama dan sibuk.

    Jika hal ini terjadi, maka kepentingan orang lain akan terhambat. Selain itu, hal ini juga menyebabkan pengemudi lain merasa tidak nyaman hingga emosi.

    • Pencurian

    Salah satu bahaya parkir mobil sembarangan yang juga patut diwaspadai adalah pencurian. Biasanya, hal ini disebabkan oleh mobil yang berada di tempat tidak aman sehingga lebih mudah untuk dibobol pencuri.

    pencurian karena parkir sembarangan

    Freepik.com

    Barang yang dicuri pun bisa beragam. Misalnya adalah gawai yang tertinggal atau audio mobil itu sendiri. Tak sedikit juga para pencuri menggasak mobil yang terparkir secara sembarangan jika situasi memungkinkan.

    • Merusak Estetika

    Parkir mobil sembarangan juga dapat mengganggu ketertiban. Hal ini disebabkan mobil tersebut merusak estetika dan membuat jalan terlihat semrawut serta kumuh. Keadaan seperti itu tentu bisa membuat orang lain tidak nyaman.

    Selain itu, parkir mobil sembarangan juga mempengaruhi tata kota. Bahkan meskipun desain tata kota sudah sangat bagus dibuat, namun akan tetap terlihat berantakan jika parkir masih sembarangan.

    • Terkena Kotoran

    Parkir sembarangan terutama di tempat terbuka akan membuat mobil terkena kotoran. Misalnya adalah kotoran burung. Kotoran seperti ini tentu mengganggu dan Anda perlu membersihkannya dengan benar agar tidak mengganggu.

    • Cat Mengelupas

    Bahaya lain yang bisa diperoleh karena parkir di tempat terbuka secara sembarangan adalah terkelupasnya cat mobil. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari langsung terhadap body mobil. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa membuat mobil kusam.

    Oleh sebab itu, mobil perlu diparkir dengan baik di tempat yang tertutup. Dengan demikian, body mobil dapat lebih awet.

    • Tertabrak

    Bahaya terakhir yang bisa disebabkan oleh parkir sembarangan adalah tertabrak. Terlebih lagi jika mobil diparkir di tempat-tempat rawan seperti pertigaan atau di bawah turunan. 

    Tak hanya rusak saja, hal seperti ini juga dapat membuat mobil remuk sehingga tidak bisa digunakan. Selain itu, hal ini juga dapat membuat cedera yang lebih serius bagi pengemudi yang menabraknya.