Berita

    Ini Pentingnya Servis Mobil Sebelum Mudik

    Mudik bersama keluarga menggunakan mobil pribadi memang lebih nyaman dan bebas. Namun ada yang perlu Anda perhatikan sebelum mudik dengan mobil yaitu Anda perlu servis mobil terlebih dahulu. Ini pentingnya servis mobil sebelum mudik.

    Banyak persiapan yang perlu dilakukan sebelum mudik, salah satunya adalah dengan memastikan kondisi mobil baik-baik saja sehingga perjalanan Anda lancar dan aman. Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu servis mobil sebelum mudik.

    Ini Pentingnya Servis Mobil Sebelum Mudik

    Berikut beberapa alasan mengapa mobil harus diservis sebelum mudik:

    • Memastikan Mobil dalam Kondisi Prima

    Yang pertama yaitu untuk menjaga dan memastikan bahwa mobil Anda memang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Untuk bisa melwati ratusan km tentu mobil harus dalam kondisi yang prima.

    Selain jarak tempuh yang jauh, Anda juga akan sering menjumpai beragam rintangan di jalan seperti hujan sampai macet. Jika ada bagian mobil Anda yang tidak berfungsi dengan baik maka mobil berisiko mengalami mogok.

    Tentu Anda tidak mau jika perjalanan Anda terganggu karena mobil mengalami kerusakan.

    • Memperbaiki Kerusakan

    Berikutnya servis mobil sebelum mudik juga penting untuk mendeteksi dini masalah pada mobil. Ini pentingnya servis mobil sebelum mudik, semakin cepat kerusakan ditangani maka risiko buruk akibat kerusakan komponen mobil dapat dihindari. 

    • Perjalanan Lancar dan Aman

    Dengan mengetahui jika mobil dalam kondisi prima, maka Anda bisa melakukan perjalanan jarak jauh tanpa merasa khawatir akan kondisi mobil. Perjalanan mudik menjadi lebih nyaman dan aman.

    Bagian Mobil yang Perlu Diservis Sebelum Mudik

    Bagian Mobil yang Perlu Diservis Sebelum Mudik

    Lalu, bagian mobil mana saja yang perlu diservis? Berikut ulasannya.

    • Ban Mobil

    Bagian mobil yang perlu dicek pertama yaitu ban mobil khususnya bagian telapak ban. Apabila telapak ban sudah aus dan botak maka ban perlu segera diganti dengan yang baru. 

    Telapak ban yang aus bisa mengurangi cengkraman ban pada jalan yang berisiko menyebabkan mobil selip ketika melintasi jalanan yang basah atau licin karena hujan.

    • Rem 

    Rem memiliki fungsi yang sangat penting pada mobil, apabila kinerja rem terganggu maka banyak risiko buruk rem blong mengintai Anda. Pemeriksaan rem biasanya dilakukan untuk mengecek kampas, minyak rem, serta selang pengereman. 

    • Oli Mobil

    Berikutnya yaitu pengecekan oli mobil mulai dari oli mesin, transmisi sampai oli gardan. Oli sendiri memiliki fungsi penting sebagai pelumas komponen mesin sehingga mesin bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

    Oli sendiri memang perlu diganti secara berkala karena jika sampai oli habis maka mobil bisa mogok. 

    • Lampu Mobil

    Lampu memiliki fungsi yang penting terutama jika Anda melakukan perjalanan mudik pada malam hari. Servis bagian lampu terdiri dari lampu kabut, lampu utama sampai lampu sein. 

    • Aki 

    Aki adalah sumber kelistrikan yang sangat berhubungan dengan fungsi komponen mobil lain seperti klakson, radio, sampai lampu. Apabila aki bermasalah, mobil bisa saja tidak bisa dinyalakan. 

    Oleh karena itu, penting untuk memastika jika aki mobil dalam kondisi baik.

    • Air Radiator

    Air radiator memiliki fungsi terkait sistem pendinginan mesin. Apabila air radiator kurang maka mesin bisa mengalami overheat. Air radiator harus diisi kembali apabila habis karena apabila mobil sampai overheat bisa menyebabkan turun mesin sampai mobil mati.