Berita

    Bekas atau Baru? Ini Tips Membeli Mobil Sesuai Kebutuhan

    Apakah Anda sedang mencari tips membeli mobil yang tepat? Sebelum membahas tips-tips lebih lanjut sebaiknya pahami dulu spesifikasi mobil yang Anda butuhkan. Tidak semua orang membutuhkan mobil baru.

    Ada juga yang lebih memilih mobil bekas karena berbagai alasan. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

    Sehingga diperlukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskannya. Jika masih ragu Anda bisa menyimak tips-tips berikut untuk menentukan pilihan yang terbaik. 

    Tips Membeli Mobil Bekas yang Tepat

    Membeli mobil bekas lebih disarankan untuk orang yang suka berganti-ganti kendaraan dan memiliki dana terbatas. Mengapa bisa demikian? Itu karena mobil bekas memiliki beberapa kelebihan berikut ini.

    • Harga Lebih Terjangkau

    Jika memiliki dana terbatas sebaiknya Anda memilih mobil bekas karena harganya lebih terjangkau dari mobil baru. Dengan harga yang lebih murah cicilannya akan lebih ringan, sehingga lebih mudah dilunasi dalam waktu dekat.

    •  Tingkat Depresiasinya Rendah

    Selain harganya lebih murah, mobil bekas juga memiliki tingkat depresiasi yang lebih rendah. Sehingga nilai jualnya masih tergolong stabil karena penurunan harganya tidak terlalu drastis. Keuntungan ini tentu sangat cocok bagi Anda yang hobi bergonta-ganti kendaraan. 

    • Dapat Langsung Dipakai

    Apakah Anda membutuhkan kendaraan dalam waktu dekat? Jika mobil tersebut ingin segera dipakai sebaiknya memilih mobil bekas karena Anda tidak perlu inden ke dealer hingga menunggu berbulan-bulan.

    Meskipun menawarkan banyak keuntungan, mobil bekas juga memiliki kekurangan. Jika tidak ingin rugi, sebaiknya simak tips membeli kendaraan bekas berikut ini:

    1. Lakukan pengecekan secara menyeluruh pada semua komponen mobil terutama pada bagian mesinnya. Pastikan mobil tersebut layak dikendarai meskipun kondisinya sudah tidak baru lagi.

    2. Pertimbangkan biaya perawatannya sebelum memutuskan, semakin lama umur mobil tersebut maka semakin tinggi biaya pemeliharaannya. 

    3. Pilih dealer mobil bekas yang memberikan garansi agar Anda mendapat perlindungan jika tiba-tiba mobilnya tidak berfungsi secara normal. 

    Tips Membeli Mobil Baru yang Tepat

    membeli mobil baruFreepik.com

    Kelebihan mobil baru memang lebih banyak dibandingkan mobil bekas karena kondisi mesin dan bodinya masih prima. Berikut beberapa keuntungan membeli mobil baru yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

    • Mendapat Jaminan Garansi Resmi 

    Keuntungan membeli mobil baru yang paling utama yaitu memperoleh jaminan garansi dari produsen resmi. Kelebihan ini membuat pembeli merasa lebih tenang jika terjadi masalah pada komponen mobilnya. 

    • Sudah Menggunakan Teknologi Terbaru

    Jika membutuhkan mobil dengan spesifikasi canggih, maka Anda sebaiknya membeli mobil baru. Teknologi otomotif canggih hanya dimiliki mobil-mobil keluaran terbaru, sehingga tidak bisa Anda rasakan pada mobil bekas.

    • Biaya Perawatan Lebih Terjangkau

    Sebelum memilih mobil baru atau bekas sebaiknya pertimbangkan biaya perawatannya. Perawatan mobil baru cenderung lebih mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. 

    Karena performa mesin dan kondisi bodinya masih bagus dan mulus. Walaupun banyak keuntungan yang diperoleh, tetap saja Anda perlu mempertimbangkannya. Agar tidak salah memilih mobil sebaiknya Anda menyimak tips di bawah ini:

    1. Jangan asal memilih polis asuransi karena biaya premi mobil baru jauh lebih mahal dibandingkan mobil bekas. Jika tidak ingin terbebani tarif asuransi yang mahal sebaiknya Anda memilih mobil bekas.

    2. Siapkan diri jika terjadi penurunan harga yang drastis karena mobil baru memiliki tingkat depresiasi yang tinggi. Jika Anda tipe orang yang suka berganti-ganti kendaraan sebaiknya jangan membeli mobil baru. 

    3. Harus siap menunggu karena proses inden mobil di dealer membutuhkan waktu lumayan lama bahkan bisa sampai berbulan-bulan. 

    Nah, itulah tadi beberapa tips membeli mobil yang tepat sesuai kebutuhan, semoga dari tips tersebut Anda dapat menentukan pilihan yang terbaik. Jika ingin memesan mobil Suzuki keluaran terbaru Anda dapat menghubungi dealer resmi terdekat untuk melakukan inden.