Berita

    Kenali Tips Agar Mobil Terhindar dari Jamur dan Karat Pada Musim Hujan

    Musim hujan masih berlangsung. Hampir tiap hari, hujan selalu datang. Air hujan yang kotor, bisa membuat mobil berjamur maupun berkarat bila tidak langsung dibersihkan. Nah, untuk menghindarinya, Anda perlu mengikuti tips supaya mobil terhindar dari jamur berikut ini. 

    Tips Agar Mobil Terhindar dari Jamur

    Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda pasti ingin mobil selalu tampil bersih dan wangi. Tidak ingin terlihat kotor, penuh jamur, berkarat yang membuat orang enggan memandangnya. Nah, untuk membuat mobil tetap mulus bersih di waktu musim hujan seperti sekarang, mari lakukan tips berikut:

            1. Sering-sering Dicuci Hingga Bersih

    Di musim hujan ini, mobil pasti akan lebih mudah kotor. Jadi, setiap habis bepergian atau terkena hujan, sebaiknya Anda langsung membersihkannya. 

    Jangan biarkan air hujan terlalu lama menempel di bagian bodi mobil. Sebab, ini bisa menjadi tempat bagi jamur bertumbuh. 

    Air hujan juga bisa membuat besi di kolong mobil mudah berkarat. Bila dibiarkan, lama-lama sparepart akan keropos dan membutuhkan biaya besar untuk menggantinya. 

    Tips mobil terhindar dari jamur yang mudah adalah, sering-sering mencuci mobil hingga bersih mengkilap. Bila di hari normal, minimal satu minggu sekali. Bila musim hujan, ada baiknya mobil setiap hari dicuci. 

            2. Parkir di Tempat yang Teduh

    Tempat parkir kendaraan pun berpengaruh terhadap jamur. Carilah tempat pakir yang teduh dengan atap tertutup atau berada di bawah pohon. Tujuannya, agar mobil tidak terkena cahaya matahari maupun air hujan secara langsung. Pasalnya, keduanya bisa menjadi sebab jamur bertumbuh di bodi mobil. 

    Selain itu, bila mobil terlalu berdiam di dalam rumah atau garasi, juga tidak baik. Sesekali, Anda bisa membawa mobil keluar untuk jalan-jalan. Tujuannya, agar body tidak terlalu lembab yang bisa jadi tempat jamur bersarang. Mesin mobil juga jadi panas dan membuatnya lebih awet. 

            3. Hati-hati dengan Serangga dan Getah

    Bukan hanya air hujan yang menjadi penyebab jamur di badan mobil. Akan tetapi, getah maupun serangga juga bisa jadi salah satu penyebabnya. 

    Ketika Anda membawa mobil untuk jalan-jalan, kemudian secara tidak sengaja terkena goresan ranting pohon atau terkena getah pohon, maka segeralah pergi untuk mencucinya hingga bersih, agar tidak ada jamur yang bertumbuh di badan mobil.