Berita

    Ketahui Cara Membersihkan Plafon Pada Mobil

    Tidak hanya eksterior, interior mobil juga harus diperhatikan kebersihannya. Namun saat membersihkan jok, karpet, ataupun dashboard, kita seringkali lupa membersihkan plafon mobil. Padahal, plafon juga sangat penting untuk dijaga kebersihannya.

    Penyebab plafon mobil kotor yaitu asap rokok, debu yang masuk saat membuka kaca, hingga jamur. Menjaga plafon tetap bersih tidak hanya agar enak dilihat, tetapi juga demi kesehatan agar tidak banyak kotoran di dalam mobil. 

    Artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk membersihkan plafon kendaraan roda empat tersebut. Untuk mengetahuinya, lebih baik jangan lewatkan pembahasan berikut ini!

    Langkah-langkah Membersihkan Plafon Mobil

    Terdapat beberapa bahan dan langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat plafon mobil tampak lebih bersih. Mari persiapkan dan ikuti setiap langkah dengan saksama berikut ini.

    • Mempersiapkan Alat dan Bahan

    Untuk membersihkan mobil, Anda bisa menggunakan kain atau lap microfiber. Kain ini terbukti efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel pada plafon mobil Anda. Selain kain, sikat dengan bulu yang halus juga bisa Anda gunakan.

    Cairan pembersih plafon khusus juga bisa menjadi pelengkap jika Anda ingin plafon bersih secara maksimal. Cairan ini bisa Anda temukan dengan mudah di toko atau pusat perbelanjaan. 

    Cairan pembersih plafon mobil juga cocok digunakan untuk mengangkat kotoran plafon yang membandel.

    • Gunakan Lap dan Cairan Pembersih Plafon

    Anda bisa menggunakan kain lap biasa atau lap microfiber untuk hasil yang maksimal. Pastikan permukaan lap bersih sebelum digunakan, lalu semprot atau tuangkan cairan pembersih secukupnya pada lap yang Anda miliki. 

    Perlu diperhatikan, saat membersihkan plafon mobil, janganlah langsung menuangkan cairan pada plafon karena bisa membuat plafon tambah kotor. Usap searah agar plafon dapat bersih dengan maksimal.

    • Pastikan Permukaan Plafon tidak Lembab

    Jangan berlebihan dalam menggunakan cairan pembersih, karena dapat menimbulkan permukaan plafon menjadi lembab. Pastikan lap tidak terlalu basah untuk digunakan. Plafon yang lembab susah untuk dikeringkan dan dapat menimbulkan jamur.

    • Lakukan Pembersihan Secara Rutin

    Membersihkan plafon mobil jangan hanya dilakukan ketika kotoran sudah menumpuk. 

    Alangkah baiknya untuk melakukan pembersihan secara rutin agar interior mobil tetap nyaman. Membersihkannya dengan teratur lebih ringan karena kotoran belum menumpuk terlalu banyak.

    • Gunakan Pengharum Ruang