Berita

    Ketahui Tugas dan Fungsi Oli Gardan Pada Mobil

    Biasanya demi menjaga agar komponen serta sistem pada kendaraan tetap berfungsi secara optimal, tentu membutuhkan dukungan dari penggunaan oli. Pada kendaraan beroda empat terdapat 2 jenis oli yang dimana memiliki fungsi yang berbeda yaitu oli mesin dan oli gardan.

    Anda pun mungkin sudah memahami fungsi dari oli mesin yang kegunaannya adalah untuk melumasi setiap mesin di kendaraan agar dapat bekerja secara optimal. Lalu seperti apa fungsi dan cara kerja oli gardan mobil?

    Maka dari itu mari simak penjelasan berikut ini.

    Pengertian Oli Gardan Mobil

    Oli gardan merupakan sebuah cairan pelumas khusus kendaraan dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya gesekan antara komponen transmisi otomatis agar tidak ada komponen yang cepat rusak akibat gesekan tersebut.

    Hanya saja, jenis oli satu ini masih sering terlupakan oleh para pemilik kendaraan khususnya roda empat untuk melakukan pergantian oli gardan pada mobil secara rutin. Oli satu ini termasuk jenis oli yang tidak gampang rusak karena pengaruh panas sebab letak boxnya yang berada cukup jauh dari ruang atau tempat pembakaran.

    Akan tetapi, kerusakan akan dapat terjadi jika saja kendaraan dipakai secara berlebihan serta adanya kontaminasi pada selang CVT karena kemasukan  debu dan juga air.

    Para teknisi pun menyarankan untuk penggantian oli gardan dilakukan dengan Anda mulai memperhatikan seberapa panjang jarak KM yang sudah ditempuh oleh kendaraan Anda. Hampir semua bengkel resmi akan menyarankan untuk melakukan pergantian oli gardan mobil setelah jarak 20.000 KM serta maksimal di 40.000 KM.

    Apa Fungsi Oli Gardan Pada Mobil?

    Anda akan dapat mengenali jenis oli ini dikarenakan tekstur cairan oli gardan sendiri terlihat lebih kental dibandingkan dengan oli mesin.

    Kegunaannya pun sebagai cairan pelumas agar komponen pada gardan mesin tetap terjaga keawetannya, tetap licin hingga tidak mudah rusak terutama untuk bagian mesin transmisinya. Hal ini membuat oli gardan lebih sering dikenal dengan sebutan oli transmisi.

    Ada 4 fungsi oli gardan mobil yang wajib untuk Anda ketahui, sebagai berikut:

            1. Pelumas Transmisi

    Gear ratio yang ada pada sistem transmisi otomatis memiliki peran penting dalam menjaga agar kinerja mobil tetap optimal. Menjadikan komponen satu ini tidak boleh mengalami penurunan kapasitas atau bahkan terburuknya mengalami kerusakan. 

    Untuk menghindari resiko tersebut, maka dibutuhkan oli gardan untuk melumasi komponen tersebut sehingga gesekan yang terjadi antar komponen pun tetap lancar.