Berita

    Tips Memperkenalkan Bahaya Bermain Dekat Mobil pada Anak

    Bermain dekat mobil bisa membawa berbagai bahaya bagi anak. Salah satunya adalah meningkatnya risiko tertabrak. Maka dari itu, Anda perlu memperkenalkan bahaya bermain dekat mobil bagi anak kepada si kecil.

    Hal ini memang terlihat sulit untuk diterapkan, terlebih lagi jika si kecil masih belum mengerti apa artinya bahaya. Namun tak perlu khawatir karena Anda dapat mencoba berbagai tips di bawah ini.

    Tips Memberitahu Bahaya Bermain Dekat Mobil bagi Anak

    Ada beragam tips yang bisa Anda terapkan agar si kecil paham bahaya bermain dekat mobil. Berikut di antaranya.

    • Memberi Pengertian

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberinya pengertian secara perlahan. Gunakan bahasa yang bisa dipahami sesuai usianya. Dengan demikian, si kecil dapat memahami bahaya bermain dekat mobil dengan lebih baik.

    Hindari memberi pengertian dengan nada tinggi. Selain menimbulkan stres, nada tinggi juga membuat si kecil kesulitan untuk memahami suatu bahaya. Bila Anda terbawa emosi, maka redakan terlebih dahulu sebelum memberi pengertian kepada si kecil.

    • Mengajak Menonton Video Ramah Anak

    Di internet saat ini ada berbagai video yang bisa mengajarkan si kecil terkait berkendara dengan baik atau cara bermain yang aman. Video ini bisa dipertontonkan kepada si kecil agar lebih mudah dipahami. Anda pun bisa memberi pengertian selama menonton video.

    Namun berhati-hatilah saat mencari video tersebut. Hal ini disebabkan tidak semua video ramah bagi si kecil apalagi jika umurnya masih belia sehingga dapat menimbulkan trauma. Selain itu, sesuaikan isi video dengan umur si kecil agar dapat dipahami

    • Memberi Pujian

    Cara memperkenalkan bahaya bermain dekat mobil bagi anak selanjutnya adalah dengan memberinya pujian. Pujian ini dapat disampaikan bila si kecil bermain dengan aman. Bila perlu, berikan pelukan agar si kecil merasa usahanya semakin dihargai.

    Sebaliknya, Anda bisa menegurnya jika dirasa tidak aman. Namun, perhatikan cara Anda menegurnya. Tak perlu terbawa emosi ataupun panik. Hal ini bisa membuat si kecil merasa marah atau ikut panic sehingga teguran tersebut tak bisa dipahami dengan baik.

    • Ajari dari Contoh Konkret

    Anda juga bisa mengajari dari contoh konkret. Misalnya adalah dengan mengajak si kecil bermain bersama dengan menjauhi mobil. Lakukan hal tersebut secara berulang agar si kecil semakin ingat.

    Selain itu, Anda juga dapat mengambil dari kejadian yang dialami si kecil. Misalnya bila si kecil jatuh dan terbentur body mobil, Anda bisa langsung menasehatinya dan menjelaskan bahwa itulah dampak bila ia bermain dekat kendaraan.

    • Ajak Si Kecil Berdialog

    Anda juga dapat mengajak si kecil berdialog terkait bahaya bermain di dekat mobil. Dengan berdialog, Anda bisa mengetahui apakah si kecil sudah paham terkait bahaya tersebut atau belum.

    Berdialog dengan anakFreepik.com

    Selain itu dengan dialog, Anda juga bisa mengetahui pendapat si kecil terkait bahaya tersebut. Anda pun dapat melatihnya untuk berkomunikasi dan mengemukakan pendapat dengan benar serta mudah dimengerti.

    Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa mengenalkan bahaya pada si kecil dapat dilakukan secara lembut tanpa emosi agar ia bisa memahaminya. Selain itu, cara tersebut juga perlu dilakukan berulang agar si kecil semakin ingat.