Berita

    Penyebab Body Mobil Bolong (Keropos) dan Cara Mengatasinya

    Body mobil keropos merupakan masalah yang sering dialami oleh pemilik kendaraan beroda empat tersebut. Penyebabnya pun beragam, mulai dari karat hingga adanya benturan dengan kendaraan lain.

    Namun Anda sebagai pemilik mobil tak perlu khawatir karena hal-hal tersebut bisa diatasi. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini!

    Penyebab Body Mobil Keropos

    Di atas telah disinggung dua penyebab body mobil menjadi keropos. Untuk mengetahui penjelasan mengenai dua hal tersebut beserta penyebab lainnya, maka Anda bisa memahami poin-poin dan penjelasan berikut:

    • Karat

    Karat merupakan penyebab utama body mobil mengalami pengeroposan. Bahkan hal ini dapat membuat body menjadi bolong-bolong. Seperti karat pada umumnya, air merupakan salah satu faktor utama terjadinya pengkaratan.

    Selain itu, pengkaratan juga bisa disebabkan oleh berbagai hal lain seperti garam, bahan kimia yang bersifat korosif, hingga kelembaban. Jika tak ditangani, maka kondisi body mobil bisa menjadi semakin parah.

    • Benturan

    Pengeroposan dan lubang pada mobil juga bisa disebabkan oleh benturan. Benturan yang dimaksud di sini pun beragam, seperti goresan hingga tabrakan dengan kendaraan lainnya.

    Body mobil bisa saja masih terlihat baik-baik saja pada benturan pertama apalagi tidak terlalu keras. Namun pengeroposan atau pembentukan lubang akan semakin terlihat jika benturan tersebut terjadi berkali-kali.

    • Umur

    Umur kendaraan yang sudah tua juga bisa menyebabkan body mobil keropos. Hal ini diperparah dengan buruknya kualitas material mobil. Jadi, body mobil tak mampu lagi menahan penyebab-penyebab pengeroposan.

    • Tidak Tepatnya Perawatan

    Mobil memang harus dirawat, termasuk body-nya. Namun jika perawatannya tidak tepat, maka bisa menimbulkan pengeroposan dan lubang pada mobil. Contohnya adalah penggunaan bahan kimia yang korosif.

    • Lingkungan

    Lingkungan yang ekstrim juga bisa menimbulkan pengeroposan atau terbentuknya lubang pada mobil. Misalnya adalah terjadinya hujan asam dan udara yang mengandung garam.

    Cara Mengatasi Body Mobil Keropos

    Meskipun berbagai penyebab di atas terlihat meresahkan, namun Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut uraian selengkapnya.

    • Bersihkan Area yang Keropos

    Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan area yang keropos atau berlubang. Caranya dengan menggunakan lap microfiber atau sikat agar kotoran bisa hilang.

    • Tambal dengan Bahan yang Aman

    Setelah membersihkan area tersebut, Anda bisa menambalnya dengan bahan khusus yang aman untuk mobil. Caranya dengan mengoleskannya pada area yang keropos atau bolong secara merata. Lalu, biarkan mengering agar menempel dengan baik.

    • Haluskan Permukaan

    Setelah mengering, maka Anda bisa menghaluskan permukaan menggunakan amplas. Gunakan kertas amplas yang halus agar tidak menggores body mobil lainnya.

    penyebab body mobil keropos

    Anda juga perlu mengamplasnya dengan lembut agar tidak timbul gesekan yang bisa merusak mobil. Dengan demikian, hasilnya bisa menjadi lebih enak dipandang.

    • Cat Kembali

    Jika area tersebut sudah halus, maka Anda bisa mengecatnya dengan bahan berkualitas tinggi. Pilihlah warna yang sesuai dengan mobil Anda dan gunakan sesuai petunjuk yang ada di kemasan cat tersebut!

    • Lindungi dengan Bahan yang Sesuai

    Supaya cat mobil bisa bertahan lama atau awet, maka bisa dilindungi dengan bahan yang sesuai. Misalnya adalah lapisan pelindung anti karat. Bahan tersebut bisa Anda temukan di berbagai toko.