Berita

    Simak Tips Berkendara Saat Hujan

    Kecepatan berkendara saat hujan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, berkendara dalam kondisi hujan memerlukan kewaspadaan tinggi karena permukaan jalan yang berubah licin serta jarak pandang yang terbatas. 

    Oleh sebab itu, pengguna kendaraan bermotor sangat disarankan memperhatikan batas kecepatan serta jarak pengereman yang aman. Lantas, bagaimana cara berkendara yang aman ketika hujan?

    Kecepatan Berkendara Saat Hujan

    Sekarang ini, cuaca yang ekstrim memang melanda beberapa daerah di Indonesia, sehingga pengendara mobil harus sangat berhati-hati. Saat berada harus menembus jalanan dalam kondisi hujan, adanya potensi kecelakaan akan semakin tinggi. 

    Lantas, berapa batas kecepatan berkendara yang direkomendasikan ketika hujan? Bila sedang hujan, hindari mengendarai mobil dengan kecepatan lebih dari 40 km per jam. Anda dapat mengendarai mobil dengan kecepatan kurang lebih 10 km per jam. 

    Sedangkan, bila berkendara di jalan tol, kecepatan maksimal ketika hujan sedang deras-derasnya paling aman ialah 50 hingga 60 km per jam. Selain itu pastikan Anda mengendarai mobil sesuai dengan kondisi lalu lintas. 

    Penyebab Kecelakaan Berkendara Saat Hujan

    Selain mengetahui kecepatan berkendara saat hujan, salah satu hal penting yang harus diketahui untuk menghindari kecelakaan adalah mengetahui penyebabnya. Berikut sejumlah kecelakaan yang bisa terjadi saat berkendara ketika hujan, antara lain:

            1. Jarak Pandang yang Minim

    Ketika harus menembus jalanan dalam kondisi hujan, jarak pandang yang kita miliki begitu minim. Lebih-lebih jika hujan tersebut terjadi di sore hari dan di jam sibuk pulang kantor. Dengan jalanan yang sangat ramai, potensi kecelakaan akan menjadi lebih besar. 

            2. Kecepatan Mobil yang Terlalu Berlebihan

    Selain jarak pandang, penyebab lain kecelakaan adalah jarak pandang mobil yang berlebihan. Ditambah dengan teknik berkendara yang kasar, dan ban yang botak, tentu hal ini membuat faktor kecelakaan menjadi semakin tinggi. 

    Cara Menghindari Kecelakaan Saat Hujan

    Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kecelakaan ketika hujan, antara lain:

            1. Cek Lampu Mobil

    Bila Anda mempunyai mobil serta ingin menggunakannya dalam kondisi hujan, Anda harus mengecek komponen lampu mobil. Jika memiliki lampu yang bagus, jarak pandang pengendara saat hujan akan lebih jelas. Bahkan, meskipun Anda berkendara saat siang hari, pastikan tetap menyalakan lampu.