Berita

    9 Perlengkapan Berkemah yang Harus Dibawa

    Camping menjadi salah satu ide liburan yang banyak dipilih ketika musim liburan tiba. Ada banyak sekali manfaat dari berkemah diantaranya yaitu dapat mengenal lebih dekat lingkungan alam. Sebelum camping tentunya Anda harus membawa perlengkapan berkemah.

    Lalu, apa saja perlengkapan berkemah yang harus dibawa? Berikut ulasannya.

    1. Tenda dan Alat Kemah

    Tenda merupakan perlengkapan camping utama yang tidak boleh sampai tertinggal. Tenda digunakan sebagai tempat berteduh dan tempat untuk beristirahat ketika malam hari. Ada beberapa jenis tenda yang bisa Anda bawa ketika camping diantaranya yaitu tenda dome, pleton, tunnel dan ridge.

    Selain tenda, Anda juga perlu membawa alat lain untuk memasang tenda seperti tali, palu, pasak, tikar atau matras, dan kapak untuk memotong kayu bakar. 

            2. Bahan Makanan dan Minuman

    Perlengkapan selanjutnya yaitu bahan makanan dan air. Ketika camping Anda tetap harus membawa makanan karena belum tentu ada bahan makanan yang bisa Anda ambil di alam termasuk air. Anda bisa membawa mie instan, garam, makanan ringan, kopi, beras atau makanan kaleng. 

            3. Alat untuk Memasak dan Makan

    Selain membawa bahan makanan jangan lupa untuk membawa peralatan memasak. Anda tidak perlu membawa semua peralatan dapur cukup bawa yang Anda butuhkan seperti kompor portabel beserta gas, panci kecil, pisau, piring, gelas dan sendok. 

    Jangan lupa membawa botol air dan ceret untuk memasak air. 

            4. Senter dan Korek Api

    Anda perlu membawa senter sebagai penerangan ketika malam hari. Anda bisa membawa headlamp atau senter obor beserta baterai cadangannya. Jika perlu Anda bisa membawa power bank untuk mengisi baterai senter. 

    Acara camping tidak lengkap tanpa adanya api unggun, untuk itu jangan lupa untuk membawa korek api. 

            5. Pakaian

    Ketika camping jangan lupa untuk membawa baju ganti secukupnya. Anda juga perlu membawa jaket atau selimut untuk menghangatkan tubuh Anda terutama jika Anda berkemah di daerah pegunungan.  

    Jangan lupa membawa peralatan mandi seperti tisu, sabun dan sikat gigi. 

            6. P3K

    P3K biasanya sering terlupa karena dianggap kurang penting. Padahal kotak P3K penting untuk melindungi Anda apabila Anda terluka ketika berkemah. Bawalah kotak P3K beserta obat-obatan yang Anda konsumsi dan yang sekiranya diperlukan seperti obat penghilang rasa sakit, maag dan lainnya.