Berita

    Featured Image

    Ini Bedanya Settingan Mobil Balap dengan Mobil Biasa

    Setiap mobil dirancang dengan kebutuhan yang berbeda. Hal inilah yang membuat masing-masing mobil memiliki settingan-nya sendiri. Begitu pula settingan mobil balap dengan mobil biasa.

    Secara garis besar, ada beberapa komponen mendasar yang membedakan settingan kedua mobil ini. Misalnya adalah keamanan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak artikel di bawah ini.

    Perbedaan Settingan Mobil Balap dengan Mobil Biasa 

    Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada beragam perbedaan settingan antara mobil balap dengan mobil biasa. Berikut penjelasannya:

    • Keamanan

    Penggunaan mobil balap tentu lebih berbahaya daripada mobil biasa. Hal ini disebabkan oleh kecepatan mobil balap yang lebih kencang daripada mobil biasa sehingga kerap terjadi kecelakaan.

    Oleh sebab itu, mobil balap dilengkapi dengan keamanan ekstra agar bisa melindungi pengemudi maupun navigatornya bila ada. Misalnya body mobil yang dirancang lebih kuat bahkan diberi rangka.

    Selain itu, alih-alih satu titik seperti mobil biasa, mobil balap memiliki lima titik pada sabuk pengamannya sehingga lebih aman jika terbentur. Tak hanya itu, para pengemudi dan navigator mobil balap juga menggunakan helm khusus untuk melindungi kepala.

    • Mesin

    Perbedaan settingan mobil balap dengan mobil biasa lainnya terletak pada mesin. Umumnya, mobil balap mempunyai mesin yang memang dibuat khusus.

    Bahkan umumnya kejuaraan tertentu mempunyai standar khusus bagi mesin mobil para pesertanya. Jadi, mesin tersebut bukanlah hasil modifikasi.

    mesin mobil balapFreepik.com

    Misalnya, beberapa mesin mobil balap didesain khusus agar katup terbuka lebih lama. Dengan demikian, udara yang masuk ke silinder akan lebih banyak.

    Tidak hanya itu, akan ada lebih banyak bahan bakar yang bisa diolah. Hasilnya, energi yang dihasilkan pun lebih besar. Hal ini berbeda dengan mobil biasa yang kerap menggunakan injeksi.

    Selain itu, knalpot juga didesain khusus. Dengan demikian, dorongan lebih kuat bisa tercipta pada kecepatan tertentu.

    • Roda

    Ada berbagai hal yang dipertimbangkan oleh para pengemudi mobil balap tentang roda yang dipakai.

    Misalnya adalah roda tersebut harus bisa menangani jalanan ekstrem atau dapat membantu akselerasi dalam jarak pendek. Hal ini bergantung pada jenis medan yang dilalui para pengemudi tersebut.

    Hal ini berbeda dengan para pengemudi mobil biasa. Umumnya, para pengemudi ini hanya mempertimbangkan umur roda saja agar tetap awet untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

    Itulah mengapa, perlu Anda tahu bahwa umumnya roda mobil balap berumur lebih pendek daripada mobil biasa.

    Selain itu, mobil balap juga mempunyai beberapa jenis roda untuk meningkatkan performa. Misalnya, roda untuk musim hujan akan berbeda dengan musim kemarau. Berbeda dengan mobil biasa yang umumnya hanya menggunakan satu jenis roda saja.

    • Fitur Lainnya

    Saat ini, mobil biasa untuk keperluan sehari-hari dilengkapi oleh beragam fitur canggih untuk kenyamanan berkendara. Misalnya adalah fitur hiburan, tempat cangkir, aksesoris interior, dan lain sebagainya.

    Hal ini tak ditemukan dalam mobil balap. Hal ini disebabkan mobil balap tak mementingkan fitur tambahan seperti itu kecuali dapat mendukung lajunya di arena dan keselamatannya.

    Itulah mengapa jika dilihat sepintas, mobil balap terasa tak nyaman. Bagaimanapun juga, mobil balap lebih efisien untuk digunakan saat memacu kecepatan. Jadi urusan kecepatan, tentu mobil biasa akan kalah.