Berita

    Featured Image

    Ingin Membawa Mobil ke Pantai? Perhatikan Hal Ini

    Meskipun menyenangkan ternyata ada bahaya membawa mobil ke pantai, diantaranya  adalah bisa membuat bodi mobil berkarat dan keropos. Itu sebabnya, Anda harus memiliki persiapan yang matang agar acara libur akhir pekan berjalan dengan aman dan lancar. 

    Lantas, apa saja yang harus diwaspadai dan bagaimana cara mengantisipasinya saat berencana membawa mobil untuk menghabiskan akhir pekan di pantai?. Berikut informasinya. 

    Kiat Mengantisipasi Bahaya Membawa Mobil ke Pantai

    Meski lahan parkir telah disediakan di sekitar wisata pantai, namun ada beberapa pengelola yang memperbolehkan pengunjung untuk mengendarai mobilnya di sepanjang bibir pantai. 

    Berikut risiko dan cara mengatasi bahaya yang mungkin terjadi saat berkendara di pinggir pantai. 

    • Salah Memilih Lokasi Parkir

    Umumnya, pihak mengelola telah menyediakan tempat parkir yang aman, namun ada juga yang masih kurang memadai. 

    Jika tidak hati-hati, ada kemungkinan Anda akan memarkir di area dengan karakter pasir yang lunak sehingga sulit bagi kendaraan untuk keluar dari lokasi tersebut. 

    Untuk itu, jangan sampai memilih tempat sembarangan. Sebaiknya parkirlah di area dengan kondisi pasir yang terlihat lebih padat.       

    • Roda Mobil Terhisap Pasir

    Bahaya membawa mobil ke pantai berikutnya yang bisa terjadi adalah bagian roda yang terjebak hingga terhisap oleh pasir yang lunak di bibir pantai. Akibatnya, ban mobil akan kehilangan kemampuan untuk melakukan traksi. 

    Jika ini terjadi, jangan mengkondisikan mobil untuk berakselerasi secara mendadak. Sebab, jika tetap dipaksa untuk berjalan hanya akan membuat ban mobil semakin terpendam ke bawah dan semakin sulit bergerak. 

    Cara paling aman adalah dengan mencari batu, kayu, atau benda keras apa saja yang berfungsi sebagai pijakan mobil. Kemudian, letakkan benda tersebut pada ban sebagai landasan yang akan membantu untuk mendapatkan daya cengkram. 

    Ketika roda mobil sudah mulai terbebas dari pasir, tetaplah melaju hingga menemukan lahan yang lebih padat. Cara ini juga bisa diterapkan ketika mobil diparkir di area pasir yang lunak. 

    • Terseret Ombak

    Berkendara di sekitar pantai memang sangat menyenangkan, namun Anda harus tetap waspada akan adanya bahaya membawa mobil ke pantai. Sebab, deburan ombak yang menyentuh bibir pantai bisa tiba-tiba naik tanpa ada peringatan sebelumnya. 

    Risiko yang bisa terjadi adalah mobil akan terseret oleh ombak hingga tenggelam atau bahkan tersangkut karang yang bertebaran. 

    Untuk itu, jangan terlampau jauh mengemudikan mobil sampai ke pinggir pantai. Setidaknya berkendaralah hingga pada batas aman yang telah ditentukan oleh pihak pengelola.

    • Mobil Berpotensi Karat dan Keropos

    Kadar garam pada air laut sangat tinggi sedangkan rata-rata material mobil adalah besi, keduanya merupakan dua hal yang sangat bertentangan. 

    Jadi, ketika bodi dan komponen mobil terpapar air laut, jika tidak segera dibersihkan akan mengundang korosi atau karat sampai dengan keropos. 

    Mobil Berpotensi Karat dan KeroposPexels.com

    Selain itu, kadar garam tinggi yang terkandung pada air laut berpotensi merusak sistem kelistrikan serta menyebabkan kerusakan pada nomor sasis kendaraan yang menggunakan ladder frame. 

    Untuk itu, segeralah bawa mobil Anda ke tempat pencucian mobil maksimal 24 jam setelah berada di area pantai. Setidaknya, cucilah mobil terlebih dahulu dengan menggunakan air tawar. 

    Khusus bagian kolong mobil, pastikan disemprot menggunakan air bertekanan tinggi. Selain itu, bersihkan juga bagian rem seperti piringan, kaliper, dan kampas rem dengan menggunakan brake cleaner agar terbebas dari sisa-sisa pasir pantai. 

    Itulah berbagai bahaya membawa mobil ke pantai yang perlu Anda waspadai. Cara paling tepat dan aman adalah dengan melakukan persiapan sebelum berangkat mulai dari servis secara berkala, mengisi bahan bakar full tank, hingga menyiapkan perbekalan. 

    Sebelum pulang, pastikan kondisi mobil telah bersih dari berbagai kotoran sebelum dimasukkan ke garasi. Jika ada komponen yang telanjur keropos dan harus diganti, pastikan untuk menggantinya dengan komponen asli.