Berita

    Ketahui Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun

    Saat musim hujan tiba, pengendara tidak bisa menghindari munculnya embun pada kaca mobil. Meski terlihat tidak ada masalah, kaca mobil berembun sangat berbahaya untuk pengendara. Apalagi keberadaan embun tidak bisa dihilangkan hanya dengan wiper.

    Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan embun dari kaca mobil. Sekaligus mencegah supaya potensi embun menempel di kaca jadi kecil. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ya!

    Penyebab Kaca Mobil Berembun dan Cara Mengatasinya

    Anda harus tahu terlebih dahulu, penyebab kaca mobil bisa berembun. Antara lain:

            1. Suhu Udara yang Berbeda

    Embun bisa muncul karena beberapa faktor. Seperti perbedaan antara suhu di dalam mobil, dan suhu pada luar mobil. Hal ini normal dialami oleh mobil.

    Jadi, saat suhu di bagian luar mobil sedang tinggi alias panas, kemudian pada bagian dalam rendah alias dingin, maka embun akan muncul pada kaca sisi depan. Demikian juga sebaliknya. Apabila suhu kaca luar lebih rendah ketimbang dalam, maka embun akan terbentuk di dalam.

            2. AC Mobil

    Sebenarnya konsepnya hampir mirip dengan suhu kaca mobil. Apabila kondisi di luar sedang hujan, lalu Anda tidak menyalakan AC mobil, maka akan muncul embun. Perbedaan suhu yang dipengaruhi AC, menjadi penyebab adanya embun

    Cara Mengatasi Embun pada Kaca Mobil

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kaca mobil berembun. Seperti:

            1. Lap Kaca Mobil

    Apabila muncul embun utamanya pada pagi hari, Anda bisa menghilangkannya dengan lap kaca mobil. Supaya bisa lebih aman ketika akan berangkat bekerja atau beraktivitas.

    Pilih bahan lap seperti kanebo atau microfiber ya. Supaya kaca mobil tidak tergores karena lap yang kasar.

            2. Sesuaikan Suhu

    Penyebab dari embun adalah perbedaan suhu. Maka Anda harus menyesuaikan suhu udara antara luar mobil dan dalam. Bagaimana caranya?

    Apabila di luar dalam keadaan hujan, maka Anda harus menghidupkan AC. Supaya embun tidak terbentuk karena perbedaan suhu. 

    Sementara apabila suhu udara di luar mobil terlalu panas, maka jangan hidupkan suhu dalam mobil ke suhu terlalu tinggi. Supaya tidak memicu embun di kaca.

            3. Gunakan Fitur Defrost/Defogger

    Pada beberapa mobil, ada fitur defrost/defogger. Fungsi dari fitur ini adalah untuk menghilangkan embun yang muncul di permukaan kaca.