Berita

    Ketahui Fungsi Connecting Rod atau Batang Leher pada Mobil

    Setiap mobil tersusun atas mesin yang terdiri dari beberapa komponen, salah satunya adalah connecting rod atau batang seher. Batang seher ini memiliki fungsi yang sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil, apabila tidak ada komponen ini maka mesin tidak bekerja dengan baik.

    Apa itu Batang Seher pada Mobil?

    Batang seher atau batang piston adalah salah satu bagian dari mesin piston yang menghubungkan piston engkol dengan poros engkol di mesin. 

    Bekerja sama dengan engkol, batang seher mengubah gerakan linier atau bolak-balik piston menjadi gerak rotasi poros engkol sehingga mesin bisa berputar. 

    Batang seher ini dibutuhkan untuk melakukan transmisi gaya tekan dan tarik dari piston kemudian dilanjutkan ke poros engkol. 

    Fungsi Connecting Rod

    Ada beberapa fungsi dari batang seher pada mesin, diantaranya yaitu:

    1. Penghubung Piston

    Fungsi utama dari batang seher adalah menghubungkan bagian piston engkol dengan poros engkol di mesin. Mesin dapat bergerak kencang karena piston bekerja dengan poros engkol, agar tenaga pembakaran dapat tersalurkan ke poros engkol maka dibutuhkan batang seher ini. 

    Piston bergerak sangat cepat per menitnya, untuk itu batang seher harus dalam kondisi prima agar mobil dapat bergerak kencang. 

            2. Mengubah Gerak Linier Menjadi Rotasi

    Seperti yang sudah Anda ketahui, batang seher menyalurkan tenaga pembakaran menuju poros engkol dalam hal ini batang seher juga akan mengubah gerak linier piston menjadi gerak rotasi pada poros engkol. 

    Saat mesin bekerja, piston bergerak linier mengikuti silinder. Gerakan piston tersebut akan disalurkan oleh batang seher dan batang seher akan mengubah gerak linier tersebut menjadi gerak rotasi pada poros engkol. 

            3. Transmisi Gaya

    Saat mesin bekerja akan terjadi perpindahan gaya tekanan dari piston menuju poros engkol melalui batang seher. Piston akan menerima gaya hasil dari proses pembakaran kemudian batang seher akan meneruskan gaya menuju poros engkol. 

    Tenaga tersebut akan diproses oleh poros engkol menjadi gerak rotasi sehingga mesin bisa bergerak. 

            4. Menahan Tekanan dari Piston

    Fungsi batang piston selanjutnya yaitu menahan tekanan dari piston. Mesin mobil akan menerima banyak tekanan dari piston, dimana proses perputaran piston juga menyebabkan mesin menjadi panas dan suhu meningkat.