Berita

    Simak Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Renggang

    Bumper memiliki fungsi penting untuk melindungi bagian dan depan mobil. Sehingga apabila bumper mobil renggang, Anda harus segera melakukan pengecekan.

    Pengecekan yang dilakukan seperti penyebab kerenggangan, hingga tingkat kerenggangannya. Setelah itu, segera lakukan perbaikan.

    Penyebab Bumper Mobil Renggang dan Solusinya

    Beberapa penyebab bumper mobil longgar, seperti:

            1. Terjadi Benturan pada Bumper

    Seperti fungsinya, bumper mobil melindungi bodi saat terjadi benturan. Sehingga apabila terjadi benturan, baik yang diketahui maupun tidak diketahui, maka bumper lah yang mengalami masalah.

    Bisa saja bumper penyok, longgar atau mengalami kerusakan yang cukup parah. Jadi kalau mobil Anda mengalami benturan, jangan kaget jika bumpernya longgar.

            2. Sering Melintas di Jalan Rusak

    Berikutnya adalah mobil sering melewati jalan rusak. Ya, jalan bergelombang, bolong atau rusak memang tidak baik untuk kendaraan. 

    Maka dari itu, sebisa mungkin hindari berkendara di jalan rusak.

    Sebab, bumper bisa saja terkena batu-batuan, atau guncangan yang cukup parah saat melewati jalan rusak. Nah, apabila terlalu sering, maka bisa berakibat bumper lebih renggang.

            3. Kerusakan pada Klip Penahan Bumper

    Bumper memiliki klip yang menghubungkan antara bumper dengan body mobil. Sehingga apabila terjadi kerusakan pada klip seperti patah, maka bumper tidak bisa melekat atau menempel sempurna.

    Penyebab patahnya klip ada bermacam-macam. Seperti terlalu sering dibongkar pasar, terkena benturan benda tajam dan lain sebagainya.

    Cara Memperbaiki Bumper Mobil yang Renggang

    Tenang saja, ada beberapa cara memperbaiki bumper mobil yang renggang. Bisa dilakukan di rumah secara mandiri, atau dibawa ke bengkel.

            1. Ukur Jarak Kerenggangan pada Bumper

    Sebelum melepas bumper, ukur terlebih dahulu jaraknya yang sesuai. Perhatikan baik-baik, supaya bumper bisa terpasang dengan baik.

            2. Lepaskan Bumper dari Tempat Pemasangannya

    Proses melepas bumper dari tempatnya ini harus berhati-hati. Supaya komponen lain tidak mengalami kerusakan karena proses melepas yang sembrono.

            3. Lepas Lampu Foglamp