Berita

    Simak Cara Mengemudi dengan Aman Saat Berkendara di Dekat Truk

    Terdapat banyak kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan besar layaknya truk. Salah satu tips ketika Anda berkendara di jalan raya yang ramai, yaitu dengan selalu menerapkan cara mengemudi aman didekat truk. 

    Dengan banyaknya jumlah kecelakaan yang melibatkan truk, seharusnya hal ini membuat Anda lebih waspada. Untuk itu, artikel ini akan memberikan beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengemudi dengan aman apabila berkendara di dekat truk. 

    Cara Mengemudi Aman didekat Truk

    Ketika berkendara di dekat kendaraan besar seperti truk perlu menerapkan kehati-hatian yang lebih ekstra jika dibandingkan dengan berkendara di dekat kendaraan berukuran standar, seperti mobil maupun motor.

    Beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengemudi aman didekat truk yaitu sebagai berikut:

    • Menjaga Jarak Aman

    Cara mendasar yang perlu Anda terapkan ketika posisi mengemudi Anda berada di dekat truk yaitu dengan selalu menjaga jarak aman. Dengan begini, tentunya hal ini akan memberi ruang baik untuk truk maupun kendaraan yang Anda gunakan sendiri.

    Adanya jarak dengan truk juga bermanfaat agar Anda sebagai pengendara dapat lebih tanggap dalam memantau pergerakan dari truk tersebut. 

    Seperti misalnya apabila Anda berkendara di belakang sebuah truk, kemudian truk tersebut melakukan pengereman secara mendadak, dengan menjaga jarak aman, Anda bisa terselamatkan dari menabrak bagian belakang truk yang bisa terjadi apabila Anda berkendara dalam jarak dekat.

    • Selalu Memberikan Pertanda

    Cara mengemudi aman didekat truk lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu memberikan pertanda atau isyarat seperti ketika hendak mendahului truk. Pemberian pertanda ini dapat dilakukan dengan cara menyalakan lampu dim hingga membunyikan klakson.

    Memberikan pertanda ini dilakukan agar pengemudi truk mengetahui keberadaan dari kendaraan Anda dan dapat lebih berhati-hati.

    • Memahami Bagian Titik Buta Truk

    Kendaraan besar semacam truk memiliki titik buta atau lokasi-lokasi di mana kendaraan lain tidak terlihat oleh pengemudi atau supir dari truk. 

    Kendaraan seperti truk ini memiliki total 4 titik buta yang perlu dihindari oleh pengendara lain apabila tidak mau tersenggol oleh truk yang bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Nah, empat titik buta yang dimiliki truk tersebut, yaitu:

    • Bagian Depan Truk