Berita

    Tips Memilih Material yang Tepat untuk Plafon Mobil

    Plafon mobil adalah bagian dari interior mobil yang perlu diperhatikan. Dengan demikian, kenyamanan pengemudi maupun para penumpang bisa semakin terjaga terutama saat perjalanan jauh.

    Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan terkait plafon adalah pemilihan material atau bahan. Saat ini ada berbagai material yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan. Intip ulasan selengkapnya di bawah ini!

    Referensi Material Plafon Mobil

    Biasanya, ada lima jenis material plafon yang bisa dipilih oleh para pemilik mobil. Berikut di antaranya:

    • Kulit

    Material pertama yang bisa dipertimbangkan adalah kulit. Kulit merupakan material yang memberi kesan elegan sehingga mobil terlihat lebih mewah. Selain itu, kulit memiliki tekstur yang lebih kuat dan awet jika dirawat.

    Tak hanya itu saja, material kulit akan terasa semakin lembut jika digunakan dalam waktu yang lama. Material ini juga memiliki bau tertentu tergantung bahan yang dipakai. Kulit juga bisa mendinginkan suhu kabin dengan cepat.

    Namun, kulit asli memiliki harga cenderung mahal. Selain itu, perlu perawatan khusus agar material ini tetap terjaga kualitasnya.

    • Kulit sintetis

    Material ini bisa digunakan para pemilik mobil jika ingin memperoleh manfaat dari bahan kulit namun dengan harga lebih terjangkau. Bahannya pun lebih tahan panas bahkan api dan tak mudah pecah.

    Selain itu, kulit sintetis juga mempunyai lapisan yang melindungi dari sinar ultraviolet. Tak hanya itu saja, kulit sintetis juga lebih mudah untuk dipadupadankan dengan bagian interior mobil lainnya.

    Perawatan kulit sintetis tergolong mudah. Hal ini disebabkan material ini tidak bisa menyerap cairan sehingga Anda bisa mencucinya dengan mudah  jika terlihat kotor.

    • Suede

    Material plafon mobil lain yang memiliki harga mahal adalah suede. Hal ini disebabkan oleh tingginya kualitas yang dimiliki. Bahan ini juga bisa memberikan kesan elegan. Beragam mobil mahal pun menggunakan bahan ini.

    Material suede mempunyai tekstur yang halus saat disentuh. Namun, tekstur ini bisa rusak jika tidak dirawat dengan benar. 

    Oleh sebab itu, perawatan menggunakan vacuum cleaner atau sikat khusus diperlukan untuk menjaganya.

    • Fabric

    Fabric adalah material yang merupakan campuan dari katun, kanvas, dan kain. Biasanya, harga fabric cenderung murah dan sering digunakan oleh mobil-mobil kelas LCGC di Indonesia.

     

    fabric untuk mobil

    Freepik.com

    Bagaimanapun juga, fabric merupakan bahan yang kuat karena bisa bertahan di segala macam cuaca sehingga lebih awet. Namun, perlu diperhatikan bahwa bahan ini bisa menyerap air dengan mudah.

    Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan sikat halus tanpa air saat ingin membersihkannya. Namun jika diperlukan, basahi sedikit sikat dengan campuran air dan cairan pembersih khusus fabric untuk membersihkannya.

    • Beludru

    Bahan lain yang memiliki harga cenderung mahal adalah beludru. Harga bahan inipun dipengaruhi oleh ketebalannya. Semakin tebal, maka semakin mahal harganya.

    Bahan dasar material juga bisa mempengaruhi harga. Biasanya, bahan yang digunakan untuk membuat beludru adalah katun, serat rayon, atau bahan sutera.

    Bahan ini bisa digunakan untuk memodifikasi plafon. Terlebih lagi ada kesan elegan dan glamor yang diberikan. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua mobil cocok untuk menggunakan bahan ini.

    Itulah lima material yang bisa dipertimbangkan untuk plafon mobil. Material ini bisa Anda gunakan saat memodifikasi mobil.