Berita

    Tips Berkendara! Cara Membawa Barang Ukuran Besar dengan Mobil

    Membawa barang berukuran besar dengan mobil, akan menjadi kendala.. Meskipun demikian, Anda dapat mencari tahu tips berkendara untuk mengangkut barang dengan ukuran besar. Dengan begitu, perjalanan Anda tetap aman.

    Tentu saja, hal ini harus Anda pelajari. Sebab, tips-tips tersebut akan berguna bagi Anda dan tentunya tidak salah dalam peletakan serta membahayakan diri saat berkendara. 

    Tips Berkendara dengan Bawaan Besar di Mobil!

    Tak semua orang memiliki mobil dengan angkutan barang. Maka biasanya jika membutuhkan angkutan barang, cukup memanfaatkan mobil pribadi. 

    Berikut adalah beberapa tips berguna untuk membawa barang ukuran besar dengan mobil Anda:

    • Rencanakan dan Ukur Barang dengan Teliti

    Sebelum memulai perjalanan, rencanakan dengan teliti dan ukur barang yang akan dibawa. Pastikan untuk memahami dimensi barang secara akurat! Jadi, Anda dapat memilih kendaraan yang sesuai dan merencanakan penempatan barang di mobil.

    Anda bahkan bisa mulai merencanakannya dengan melakukan pembagian. Misalnya untuk koper dengan ukuran besar yang berisi barang, peletakannya pada bagian atas mobil. Sementara untuk barang rentan, maka bisa Anda letakkan pada bagasi mobil.

    • Pertimbangkan Penggunaan Roof Rack atau Roof Box

    Jika barang yang Anda bawa cukup besar, pertimbangkan untuk menggunakan roof rack atau roof box. Benda ini dapat memungkinkan Anda untuk meletakkan barang di atas mobil, meninggalkan ruang di dalam mobil untuk penumpang. 

    Pastikan untuk mengamankan barang dengan kuat dan aman. Supaya saat berkendara jadi seimbang, meski ada tambahan beban pada bagian atas mobil.

    • Pahami Kapasitas Angkut Mobil 

    Ketahui kapasitas angkut maksimum mobil Anda. Setiap mobil memiliki batas berat yang dapat diangkutnya, termasuk penumpang dan barang. Melampaui batas ini dapat membahayakan keselamatan berkendara dan merusak mobil.

    Anda bisa mengetahuinya melalui buku petunjuk mobil. Kemudian sesuaikan, supaya tidak berdampak pada kinerja keras mobil karena over capacity.

    • Pastikan Barang Terkunci dengan Aman

    Tips berkendara berikutnya adalah dengan memastikan bahwa posisi barang saling mengunci. Artinya rapat pada bagian body mobil, dan tidak menyediakan ruang kosong. 

    Sebab apabila ada ruang kosong, ketika mobil sedang berjalan akan timbul gesekan. Untuk itu, tips berikutnya sangat penting supaya barang bisa lebih aman dan saling mengunci.

    bagasi mobil

    Freepik.com

    • Gunakan Trailer atau Pengikat Tambahan

    Untuk barang yang sangat besar atau berat, menggunakan trailer mungkin menjadi pilihan terbaik. Pastikan trailer atau alat pengikat tambahan memenuhi standar keamanan dan regulasi lalu lintas setempat.

    Tidak hanya pada bagian atas, bahkan di bagasi pun harus Anda beri pengikat tambahan. Dengan begitu, barang tidak mudah bergeser dan bergesekan dengan lainnya. Sehingga bagasi atau interior mobil pun jadi aman, dan bebas kerusakan.

    • Gunakan Prinsip Center of Gravity

    Cara ini memiliki arti jika Anda harus meletakkan barang dengan bobot terberat pada bagian bawah. Dengan begitu, tidak terjadi kerusakan pada tumpukan barang Anda, karena adanya gaya gravitasi. 

    Mengetahui hal ini, maka pastikan menggunakan wadah seperti koper yang kuat, untuk menopang barang Anda! 

    Misalnya saja, untuk baju-baju atau barang bawaan yang tidak mudah rusak, maka letakkan pada bagian bawah. Sementara untuk bahan makanan, elektronik atau barang lain yang mudah rusak, bisa Anda letakkan pada bagian atas.

    Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membawa barang ukuran besar dengan mobil Anda tanpa mengorbankan keselamatan atau kenyamanan. Rencanakan dengan baik, pastikan barang terkunci dengan aman, dan selalu perhatikan aturan lalu lintas setempat.