Berita

    Cara Merawat Audio Mobil! Kualitas Suara Tetap Optimal

    Berkendara sambil mendengarkan musik menjadi hal yang paling menyenangkan. Namun, apa jadinya jika kualitas audio mobil tidak jernih. Tentunya hal tersebut bisa membuat mood Anda menjadi rusak. 

    Sebab, audio yang sejatinya berfungsi untuk memberikan hiburan selama perjalanan justru membuat telinga menjadi risih akibat suara yang dihasilkan tidak karuan. 

    Itu sebabnya perangkat hiburan ini juga perlu mendapatkan perawatan secara rutin. Seperti Apa? Berikut ulasannya!

    6 Cara Praktis Merawat Audio Mobil yang Wajib Dilakukan

    Memastikan audio pada mobil mati sebelum mematikan mesin kendaraan merupakan salah satu cara perawatan yang praktis. 

    Selain itu, masih ada beberapa cara mudah lainnya yang bisa Anda terapkan seperti menggunakan CD asli, membersihkan head unit dari debu, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak keenam cara perawatan sistem audio untuk mobil berikut ini.   

    • Bersihkan Head Unit

    Hal paling utama agar sistem audio memiliki suara yang optimal adalah dengan membersihkan debu yang menempel di head unit

    Sebab, keberadaan debu-debu tersebut akan berisiko menghambat keluarnya suara sehingga menghasilkan kualitas audio yang kurang baik. 

    Untuk membersihkan bagian head unit ini sebaiknya mengikuti prosedur yang dianjurkan. Pasalnya, pembersih cair yang diaplikasikan ke head unit bisa berpotensi merusak sistem audio itu sendiri. 

    • Gunakan CD Asli

    Jangan pernah tergiur untuk membeli apalagi memasang CD bajakan ke perangkat audio, terutama di mobil kesayangan Anda. Sebab, serat optik yang terdapat pada CD bajakan tidak semaksimal seperti yang ada pada CD asli. 

    Hal ini akan membuat perangkat audio pada mobil harus bekerja ekstra keras untuk bisa membaca isi CD bajakan tersebut. Jika terus dipaksakan, maka sistem audio pun akan cepat rusak.  

    • Audio Sistem Harus Off sebelum Mematikan Mesin Mobil

    Cara berikutnya dalam merawat audio mobil adalah dengan mematikan terlebih dahulu perangkat hiburan tersebut sebelum mematikan mesin kendaraan. Cara perawatan yang satu ini dimaksudkan agar performa pada audio tetap optimal. 

    Jika tidak, saat menyalakan mesin pertama kali maka perangkat audio Anda juga akan secara otomatis ikut menyala.