Berita

    Perawatan Mobil dalam Musim Hujan: Tips dan Trik yang Jarang Diketahui

    Musim hujan membuat beberapa mobil biasanya rewel atau sering mogok. Penyebabnya bisa karena kemasukan air hujan atau hal lainnya. Anda harus mulai mencari tips perawatan mobil supaya bisa menghindari adanya kerusakan saat musim hujan datang. 

    Apabila Anda merawat mobil dengan baik, risiko mogok di jalan juga pasti kecil. Hasilnya, perjalanan Anda juga lancar dan bebas dari gangguan.

    Tips Perawatan mobil saat Musim Hujan

    Merawat mobil dengan baik saat musim hujan penting untuk menjaga kinerja dan keawetan kendaraan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda merawat mobil saat musim hujan:

    • Cek Kondisi Ban

    Pastikan roda ban kendaraan memiliki profil yang cukup dalam dan kembang yang memadai. Ban yang aus atau licin dapat mengurangi traksi dan mengakibatkan bahaya saat berkendara di jalan yang basah. 

    Periksa juga tekanan udara ban secara teratur. Sebab, perubahan suhu selama musim hujan dapat mempengaruhi tekanan ban. Anda bisa menggunakan pengukur tekanan udara ban yang portabel untuk melakukan hal ini di rumah.

    • Periksa Sistem Kelistrikan

    Pastikan sistem kelistrikan kendaraan, termasuk lampu, kaca depan, dan wiper, berfungsi dengan baik. Misalnya dengan memastikan wiper bersih dan karet wiper dalam kondisi baik. Supaya dapat membersihkan kaca mobil dengan efektif.

    Tidak hanya itu, lampu kendaraan juga sebaiknya jangan terlewatkan supaya dalam kondisi baik dan terang. Tujuannya memastikan visibilitas yang baik saat cuaca buruk. 

    • Bersihkan dan Lindungi Eksterior Mobil

    Meski musim hujan, Anda tetap harus rajin mencuci mobil. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran, lumpur, dan garam yang dapat merusak cat dan logam kendaraan. Utamanya di bagian penting seperti kaca, spion, dan lain sebagainya.

    Gunakan produk pembersih mobil yang tepat dan aplikasikan pelindung cat atau wax untuk melindungi permukaan mobil dari kerusakan yang disebabkan oleh air hujan dan bahan kimia yang digunakan pada jalan.

    • Perawatan Sistem Rem

    Tips perawatan mobil selanjutnya adalah memastikan sistem rem kendaraan dalam kondisi baik. Rem yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk memberikan traksi dan pengereman yang efektif saat jalan basah. 

    Jika perlu, Anda bahkan harus mengganti kampas rem. Kemudian pastikan cairan rem berada pada level yang tepat. Supaya bisa berfungsi dengan baik. 

    • Beri Perlindungan Interior Mobil