Berita

    Hal yang Harus Dilakukan Saat Mobil Mogok di Jalan Tol

    Jalan tol dapat dijadikan alternatif bagi para pengemudi untuk mempersingkat waktu perjalanan. Namun, tak jarang juga banyak mobil mogok di jalan tol. 

    Di saat Anda melakukan perjalanan akan terasa sangat menyebalkan ketika mobil mogok mendadak. Untuk Anda yang mungkin tidak terlalu paham mesin, mogok bisa menjadikan hal yang mengerikan. Apalagi jika terjadi di jalan tol yang sangat jauh dari bengkel.

    Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya selalu cek kendaraan Anda agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun saat dihadapkan situasi mobil yang mogok, Anda membutuhkan solusi secepatnya. Anda dapat melihat cara yang dilakukan ketika mobil mogok di jalan tol pada penjelasan berikut ini.

            1. Buang Rasa Panik

    Hal yang wajar jika rasa panik muncul saat mobil mogok di tengah perjalanan. Namun, Anda harus bisa mengatasinya. Rasa panik akan membuat Anda susah dalam menentukan langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan.

    Cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Setelah panik, Anda bisa melakukan penanganan selanjutnya.

            2. Nyalakan Lampu Hazard

    Mobil mogok di jalan tol tentunya dapat mengganggu arus lalu lintas jika terjadi tiba-tiba. Setelah Anda menghilangkan rasa panik, segeralah mungkin untuk menyalakan lampu hazard.

    Lampu ini dinyalakan ketika terjadi kondisi darurat. Saat mogok, menyalakan lampu ini dapat menginformasikan kepada pengemudi di belakang untuk mengemudi dengan lebih hati-hati karena telah terjadi sesuatu pada mobil Anda.

            3. Tepikan Mobil 

    Setelah Anda menyalakan lampu hazard, segera mungkin untuk menepikan mobil. Hal ini dimaksudkan agar pengguna jalan lain tidak terganggu. Pastikan Anda menepi di tempat yang aman. 

            4. Gunakan Segitiga Pengaman

    Segitiga pengaman mungkin Nampak sepele namun harus selalu dibawa jika ingin berpergian. Benda ini dapat digunakan untuk memberikan tanda pada mobil lain agar bergerak pada jarak yang aman. Anda dapat meletakkan segitiga ini paling tidak 5 meter dari mobil yang mogok.

            5. Periksa Keadaan Mobil Segera

    Ada alasan tertentu kenapa pengemudi sebaiknya wajib mengetahui tentang mesin walaupun tidak begitu ahli. Hal ini dapat membantu pengemudi untuk segera mungkin melakukan pengecekkan secara langsung ketika terjadi mogok.