Berita

    Langsung Ganti! Risiko Mengemudi dengan Kaca Mobil Retak

    Kaca mobil retak merupakan masalah yang dapat mengancam keselamatan berkendara. Mengetahui hal ini, Anda sebaiknya menjamin kaca mobil agar selalu dalam keadaan prima. Jika Anda mendapati kerusakan pada kaca tersebut, maka segera lakukan perbaikan.

    Sebab apabila kaca mobil Anda dibiarkan begitu saja dalam kondisi retak tanpa diperbaiki, hal ini akan memicu bahaya dan menyebabkan risiko selama menggunakan mobil tersebut. Kaca yang retak dapat menghalangi penglihatan ketika berkendara.

    Selain itu, keretakan yang ada pun dapat menyebabkan kaca pecah. Ini dapat membahayakan pengemudi maupun penumpang yang ada di mobil. Lantas, bagaimana cara mengatasi keretakan pada kaca mobil? Ketahui langkah lengkapnya dalam artikel ini!

    Bahaya dan Risiko Mengemudi dalam Kondisi Kaca Mobil Retak

    Pexels

    Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kondisi kaca retak pada mobil perlu segera diganti. Alasan yang dimaksud, yaitu karena kaca mobil yang retak dapat membahayakan karena mengganggu pemandangan hingga adanya kemungkinan untuk ditilang oleh petugas lalu lintas.

    Sebelumnya telah disebutkan bahwa apabila mobil Anda mengalami keretakan pada kaca, Anda perlu dengan segera mengatasinya. 

    Pada pembahasan ini akan dijelaskan mengenai bahaya dan risiko apa saja yang mungkin dapat disebabkan apabila Anda bersikukuh untuk terus mengendarai mobil dengan kaca yang retak. Berikut beberapa bahaya dan risiko yang dimaksud antara lain:

    • Meningkatkan Risiko Cedera Fisik

    Salah satu risiko yang dapat diakibatkan apabila Anda berkendara menggunakan mobil yang kondisi kacanya retak, yaitu risiko cedera fisik jadi lebih meningkat.

    Kaca yang retaknya parah tersebut berpotensi mengalami pecah apabila terkena benturan, yang mana hal ini dapat membuat pengemudi maupun penumpang lain yang turut berada di dalam mobil menjadi ikut terluka akibat pecahan kaca.

    • Area Depan Mobil Kehilangan Integritasnya

    Kemudian bahaya lain yang juga bisa disebabkan karena kaca mobil retak, yaitu area depan mobil yang menjadi kehilangan integritasnya. Pasalnya, kaca depan mobil seharusnya berfungsi untuk melindungi seluruh penumpang apabila kecelakaan terjadi.

    Namun apabila kaca mobil sudah dalam kondisi retak, alih-alih dapat melindungi penumpang mobil, hal ini hanya akan memperparah cedera yang dialami penumpang seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya.

    • Fungsi Airbag yang Tidak Efektif