Berita

    Kenali Fungsi & Jenis Sabuk Pengaman

    Mobil harus memiliki sabuk pengaman atau seat belt untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari bahaya. Hal ini pun telah diatur oleh pemerintah dalam undang-undangnya. Bahkan apabila pengemudi tidak menggunakannya, maka akan ada penindakan.

    Ada beberapa fungsi dan jenis dari sabuk keselamatan yang harus Anda pahami. Setiap mobil memiliki hak untuk menentukan sendiri jenis sabuk apa yang ada pada kendaraannya.

    Ini Dia Fungsi Sabuk Pengaman

    Fitur keamanan yang satu ini muncul setelah adanya kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya nyawa bertahun-tahun silam. Penyebab kematian kebanyakan karena benturan saat kecelakaan. Maka dari itu, teknisi mengusulkan untuk membuat sabuk keselamatan untuk cegah hal tersebut.

    Dengan seat belt, berkendara bisa lebih aman dan nyaman, karena fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut:

    • Melindungi Tubuh dari Risiko Benturan

    Fungsi pertama adalah sebagai pelindung bagi tubuh apabila terjadi benturan. Baik itu saat melakukan pengereman secara mendadak, ataupun kecelakaan.

    Tubuh yang dimaksud seperti kepala, bagian dada yang juga rawan, maupun organ penting lainnya. Bagian-bagian tersebut sangat rawan jika terbentur dan bisa menyebabkan kematian.

    • Penahan saat Berkendara

    Selain itu, seat belt juga berfungsi sebagai penahan penumpang untuk berada pada tempatnya saat berkendara. Apalagi jika Anda berkendara dengan kecepatan tinggi. Maka tidak menutup kemungkinan adanya pergerakan badan ketika mobil sedang melaju.

    • Membuat Nyaman Penggunanya

    Terakhir adalah supaya pengguna sabuk jadi lebih nyaman juga merasa tenang. Tidak hanya terjadi pada keadaan darurat saja, namun ketika Anda sedang berkendara dengan tenang sekaligus. 

    Anda juga tak perlu khawatir terkantung dengan posisi yang menggunakan sabun keselamatan.

    Jenis-jenis Sabuk Keselamatan pada Mobil

    Dalam perkembangannya, ada bermacam-macam sabuk pengaman pada mobil. Semua ini disesuaikan dengan perkembangan zaman dan juga kebutuhan dalam berkendara. Kemudian, terkait jenis-jenisnya, Anda bisa ketahui dalam poin-poin dan penjelasan berikut:

    • Satu Titik Pangkuan

    Jenis yang satu ini terbilang sangat sederhana atau bahkan paling simple dibanding yang lain. Sebab, hanya ada satu titik pangkuan yang membelit penumpang mobil.

    Cara menggunakannya hanya dengan menyilangkan ke badan. Biasanya seat belt ini ada pada mobil tua. Pun bentuknya sangat mirip dengan sabuk keselamatan di pesawat terbang.

    • Dua Titik Pangkuan