Berita

    Simak Tips Menghilangkan Mabuk Kendaraan

    Mabuk kendaraan sering dialami penumpang saat berkendara dengan mobil. Tentu hal ini menyebabkan kondisi yang tidak enak bagi penderita dan penumpang lainnya. Oleh sebab itu, diperlukan tips menghilangkan mabuk kendaraan yang ampuh untuk mengatasinya.

    Cara Menghilangkan Mabuk Kendaraan

    Mabuk kendaraan terjadi disebabkan kekeliruan otak dalam menerima sinyal dari anggota tubuh. Hal ini membuat tubuh penderita menjadi mual dan pusing. Ada beragam penyebab yang bisa memicu mabuk kendaraan, seperti:

    • Membaca buku atau bermain gawai saat mobil berjalan
    • Memiliki gangguan kesehatan seperti vertigo, migrain, dan gangguan telinga dalam
    • Perubahan hormonal pada tubuh penderita

    Berikut tips menghilangkan mabuk kendaraan yang ampuh untuk mengatasi kondisi tersebut sehingga perjalanan pun bisa lebih nyaman:

    • Beristirahat dengan Memejamkan Mata

    Salah satu cara mengatasi mabuk kendaraan yang ampuh adalah dengan memejamkan mata disertai nafas perlahan. Anda juga bisa membuka kaca mobil agar mendapatkan udara segar dari luar.

    Bila memungkinkan, Anda bisa mencoba tidur di dalam mobil. Kondisi tidur akan membuat Anda rileks sehingga tidak mabuk lagi.

    • Berbaring

    Selain beristirahat, Anda juga bisa mencoba untuk berbaring ketika mulai mengalami gejala mabuk kendaraan. Cobalah untuk duduk bersandar dan luruskan kaki Anda. Anda juga bisa berbaring di sepanjang jok tengah atau belakang bila memungkinkan.

    • Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Jahe atau Mint

    Cara lain untuk mengatasi mabuk kendaraan adalah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe atau mint. Rasa dan aroma dari makanan atau minuman ini dapat meredakan gejala mabuk kendaraan.

    Contoh makanan atau minuman yang mengandung jahe adalah permen jahe atau minuman jahe hangat. Di samping itu, makanan yang mengandung mint adalah permen mint yang biasa dijual di pasaran.

    • Hindari Makanan Berat

    Cobalah untuk tidak makan makanan berat sebelum perjalanan jauh. Hal ini disebabkan makanan berat akan menyebabkan perut yang kekenyangan. Kondisi perut penuh dan guncangan di perjalanan dapat memicu gejala mabuk kendaraan.

    Supaya Anda tetap dapat makan, cobalah makan dengan porsi secukupnya sebelum perjalanan jauh. Bila Anda masih lapar di perjalanan, makanlah makanan ringan untuk mengisi perut Anda.

    • Mengubah Posisi Tubuh