Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

    Pernah mengalami getaran saat Anda ingin menyalakan mesin mobil? Getaran seperti ini biasanya lumrah terjadi pada mesin mobil Anda, namun Anda perlu mewaspadai jika terjadi getaran-getaran yang tidak biasa, seperti getaran yang terjadi jika Anda menginjak pedal gas rendah atau saat RPM rendah.

    Getaran ini biasanya terasa sampai kabin dan kemudi setir, jika getaran ini terjadi Anda perlu memperhatikan berbagai masalah yang mungkin menjangkit terjadinya getaran tersebut.

    Berikut kami akan menjelaskan penyebab terjadinya getaran yang tidak lumrah yang biasa terjadi pada mobil Anda atau getaran yang disebabkan saat RPM mobil Anda rendah :

            1. Karet pada kap mesin yang sudah getas atau rusak

    Penyebab pertama yang sering muncul jika getaran terjadi saat RPM rendah adalah karet pada kap mobil yang sudah getas atau rusak. Komponen ini memang sangat krusial pada mobil Anda.

    Kap mobil memiliki fungsi untuk melindungi mesin dari berbagai gangguan seperti sinar matahari, air, atau kotoran. Oleh sebab itu kita perlu menjaga bagian ini agar mesin tetap terjaga performanya.

    Karet pada kap mobil berfungsi untuk mempererat kondisi tutupan mobil agar mesin tertutup dengan sempurna. Namun, selain itu karet pada kap mobil juga berfungsi untuk mengurangi getaran yang disebabkan oleh mesin mobil. Jika komponen ini getas akibat panas maka getaran sulit diredam atau dihindarkan.

    Hal yang perlu Anda lakukan jika hal ini terjadi adalah Anda harus rutin memeriksa karet pada kap mobil Anda. Jika karet sudah getas, Anda bisa menggantinya dengan komponen yang baru di bengkel terdekat.

            2. Busi bermasalah

    Busi adalah komponen selanjutnya yang dapat menyebabkan getaran pada mobil Anda. Komponen ini memang kecil namun perannya sangat krusial sehingga dapat menyebabkan mobil Anda bergetar. 

    Getaran biasanya dapat disebabkan karena adanya busi yang mati. Hal yang perlu Anda lakukan jika mengalami kondisi semacam ini adalah, Anda harus mengganti komponen busi yang baru.

            3. Engine Mount yang Abnormal

    Engine mount adalah komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk menahan mesin tidak bergeser ketika dinyalakan. Komponen ini bekerja dengan menahan mesin agar posisinya tetap stabil dan tidak bergerak. Kemungkinan getaran saat RPM rendah dapat diakibatkan oleh kondisi Engine Mount yang sudah rusak. 

    Getaran juga dapat disebabkan oleh kinerja engine mount yang sudah menurun. Jika performa engine mount sudah menurun, hal ini dapat mengakibatkan mesin bergeser sehingga menimbulkan getaran pada mesin Anda.